Jelang Melahirkan, Zaskia Sungkar Belajar Menyusui dan Bedong Bayi

Reporter:
Editor:

Mila Novita

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Zaskia Sungkar dan Irwasnyag. Instagram.com/@zaskiasungkar15

    Zaskia Sungkar dan Irwasnyag. Instagram.com/@zaskiasungkar15

    TEMPO.CO, Jakarta - Kehamilan Zaskia Sungkar memasuki minggu ke-37. Dalam satu atau dua minggu lagi, istri aktor Irwasyah ini akan melahirkan anak pertama mereka. Tapi sebelum hari persalinan tiba, Zaskia dan Irwansyah belajar membedong atau membedung dan memandikan bayi di rumah.

    Dalam unggahan video “Kocak!! Kia Irwan Belajar Mandiin Bayi” di kanal YouTube The Sungkars Family, Minggu, 14 Maret 2021, Zaskia mengatakan bahwa dia dan Irwan sebenarnya sudah belajar membedong bayi dari YouTube. Namun, setelah dipraktikkan, mereka selalu gagal.

    “Lihat hasilnya, nggak bagus banget. Bayinya kesian banget kayak kentang. Yang, failed deh, kita harus belajar beneran, udah mendekati,” kata Zaskia sambil memegang boneka dan kain bedong.

    Zaskia sebenarnya sudah memanggil guru untuk mengajarinya mengurus bayi bayi baru lahir dengan cara yang benar. Ditanya apakah dia merasa pupus harapan untuk belajar sendiri, Zaskia menjawab bijak.

    ADVERTISEMENT

    “Nggak dong, jiwa keibuan akan muncul dengan sendirinya. Cuma karena belum berpengalaman ngebedong-bedong itu, sama yang lainnya (seperti) mandiin baby, alangkah baiknya lagi kalau kita belajar,” kata dia.

    Membedong dianggap membantu bayi merasa nyaman dan tidur nyenyak, juga membuat ibu lebih mudah menggendongnya. Meski terlihat mudah, orang tua harus berhati-hati melakukannya. Bedong bayi yang salah, misalnya terlalu kencang, dapat mengganggu pergerakan dan pertumbuhan tubuh bayi di kemudian hari.

    Baca juga: Zaskia Sungkar Mual dan Mager di Trimester Ketiga, Ini Daftar Perubahan Lainnya

    Zaskia pun mendatangkan seorang guru ke rumah. Tidak belajar membedong, dia dan suaminya belajar cara menggendong dan memandikan bayi. Zaskia juga belajar cara menyusui dengan posisi yang tepat. Sebab, perlekatan bayi saat menyusui mempengaruhi banyak hal, mulai dari berat badan bayi dan produksi air susu ibu atau ASI. Perlekatan yang salah juga menyebabkan puting payudara ibu bisa lecet.

    Sebelumnya, Zaskia mengunggah video saat dia memeriksakan kandungannya yang sudah berusia 36 minggu. Saat itu berat bayinya sudah mencapai 3 kilogram. Dia mengatakan, ingin melahirkan secara normal. Namun, jika terpaksa harus operasi Caesar, dia juga tidak keberatan.

    “Banyak banget yang udah prepare, hamilnya juga nggap ada apa-apa, semua serbasehat, tiba-tiba hari H berubah, itu bisa terjadi. Jadi banyak-banyak doa aja mudah-mudahan Allah mudahkan. Tapi kalau misalnya harus Caesar ya nggak apa-apa juga, nggak masalah. Yang penting aku dan anak selamat,” kata Zaskia Sungkar.


     

     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Greysia / Apriyani, Dipasangkan pada 2017 hingga Juara Olimpade Tokyo 2020

    Greysia / Apriyani berhasil jadi pasangan pertama di ganda putri Indonesia yang merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang bulu tangkis.