Tasya Kamila Sedih Unggahannya tentang Anak Bikin Banyak Ibu Insecure

Reporter

Editor

Mila Novita

Tasya Kamila dan putranya, Arrasya Wardhana Bachtiar. Instagram.com/@tasyakamila

TEMPO.CO, JakartaTasya Kamila sering mengunggah video yang menunjukkan tumbuh kembang anak pertamanya, Arrasya Bachtiar, di Instagram. Dalam video-video itu, Arraysa yang saat ini berusia 2 tahun terlihat sudah lancar berbicara dan menghapal banyak lagu anak-anak. Namun, dia merasa sedih karena unggahannya membuat banyak ibu merasa tidak aman atau insecure tentang anak mereka.

Dia mengungkapkan hal itu dalam rangkaian unggahan di Instagram Story, Minggu, 4 Juli 2021. Dalam unggahan itu, Tasya memperlihatkan video-video dan foto Arrasya dan bagaimana dia menstimulasi sang anak agar cepat berbicara.

“Guys aku ikut seneng banget kalau apa yang aku upload tentang Arr (panggilan Arrasya), keseharian dia, bisa jadi moodbooster dan hiburan buat tante dan om online semuanya. Tapi aku kadang suka sedih juga kalau postingan tentang Arr direspons/diresap berbeda sama momtijen yang malah jadi insecure soal perkembangan anaknya,” tulis istri Randi Bachtiar itu dalam salah satu unggahannya.

Dia melanjutkan bahwa banyak ibu yang mengiriminya pesan langsung (DM) mengungkapkan kekhawatirannya dan pertanyaan tentang anaknya yang belum bisa bicara selancar Arr meski usia sama. Bahkan, ada ibu yang meminta maaf harus unfollow Tasya karena unggahan tentang Arr membuatnya insecure karena anaknya belum bisa melakukan apa yang dilakukan Arr.

Dalam unggahannya yang lain, dia mengungkapkan cara dia membuat Arr lancar bicara. Selain nutrisi, dia menstimulasi Arr sejak dini sesuai dengan tahapan usia dan kemampuannya. Mantan penyanyi cilik itu juga berusaha menenangkan para ibu dengan mengatakan bahwa setiap anak itu spesial.

“Tapi ya bund menurut aku sih tiap anak punya ritme perkembangan masing-masing, tiap anak spesial dan punya keunggulan masing-masing. Yang penting kita tau milestones apa yang harus dia tempuh di usianya sekarang, aku pun nggak pernah maksa Arr harus cepet-cepet bisa ini itu, selama on track, Alhamdulillah,” kata dia.

Perempuan 28 tahun itu mengatakan stimulasi biacara Arr dimulai sejak di dalam kandungan. Dia dan Randy sering mengajak Arr ngobrol. Ketika Arr lahir, Tasya juga rajin mengajak anaknya ngobrol dua arah dan memberikan stimulasi-stimulasi yang sesuai dengan usianya.

“Bener-bener sering diajak ngobrol aja, waktu ganti popok, waktu dia lagi bangun, bayi dua bulan ternyata uda bisa merespons jokes bapack-bapack dengan tawa yang renyah, lhoo,” tulis dia dengan emoji senyum.

Di usia enam bulan, Tasya Kamila mengatakan Arr mengucapkan kata pertamanya yang bermakna. Dan kata itu adalah “papa”.  

Baca juga: Tasya Kamila Bersiap Menyapih Arrasya Pakai Metode Weaning with Love







Kylie Jenner Cerita Perbedaan yang Dialami Usai Melahirkan Anak Pertama dan Kedua

1 hari lalu

Kylie Jenner Cerita Perbedaan yang Dialami Usai Melahirkan Anak Pertama dan Kedua

Kylie Jenner menceritakan perbedaan antara kelahiran dan pascapersalinan dari kehamilan pertamanya hingga yang kedua dalam The Kardashians


Pejabat Desa Ungkap Keseharian Ayah Sejuta Anak: Marketing Perumahan

1 hari lalu

Pejabat Desa Ungkap Keseharian Ayah Sejuta Anak: Marketing Perumahan

Polisi menangkap Suhendra, pemilik Yayasan Ayah Sejuta Anak, atas dugaan tindak pidana perdagangan orang


Mengenal Gigantisme Akibat Kelebihan Hormon Pertumbuhan

2 hari lalu

Mengenal Gigantisme Akibat Kelebihan Hormon Pertumbuhan

Gigantisme adalah kondisi langka yang menyebabkan pertumbuhan tidak normal pada anak-anak akibat ada kelainan pada hormon pertumbuhan.


Trik Menghadapi Anak yang Tak Suka Minum Air Putih

2 hari lalu

Trik Menghadapi Anak yang Tak Suka Minum Air Putih

Anak biasanya lebih suka minuman berwarna dan berperasa dibanding air putih. Berikut trik yang bisa dilakukan orang tua agar anak mau minum air putih.


Rencanakan Liburan Keluarga? Simak Tips Bepergian dengan Anak

3 hari lalu

Rencanakan Liburan Keluarga? Simak Tips Bepergian dengan Anak

Liburan dengan ikut serta membawa anak, mungkin akan menjadi hal yang sedikit menakutkan bagi para orang tua.


Serena Williams Ungkap Alasan Tidak Pernah Membawa Olympia ke Pertandingan

3 hari lalu

Serena Williams Ungkap Alasan Tidak Pernah Membawa Olympia ke Pertandingan

Putri Serena Williams, Olympia, sempat menonton pertandingan terakhir ibunya


Curhat Hilaria Baldwin tentang Sulitnya Bersikap Adil pada Tujuh Anak

3 hari lalu

Curhat Hilaria Baldwin tentang Sulitnya Bersikap Adil pada Tujuh Anak

Hilaria Baldwin dan suaminya, Alec Baldwin, menyambut kelahiran anak ketujuh mereka pekan lalu.


Berapa Batas Asupan Gula yang Aman bagi Anak?

3 hari lalu

Berapa Batas Asupan Gula yang Aman bagi Anak?

Mengonsumsi gula melebihi batas anjuran dapat memicu masalah pada tubuh dan kembang anak.


Scarlett Johansson Ungkap Hubungan Unik Nama Kedua Anaknya Cosmo dan Rose

4 hari lalu

Scarlett Johansson Ungkap Hubungan Unik Nama Kedua Anaknya Cosmo dan Rose

Scarlett Johansson dan Colin Jost menikah tahun 2020, keduanya memiliki seorang putra bernama Cosmo


Cerita Meghan Trainor Dihantui Rasa Bersalah saat Melahirkan Putranya

4 hari lalu

Cerita Meghan Trainor Dihantui Rasa Bersalah saat Melahirkan Putranya

Meghan Trainor berbicara tentang perasaan bersalah saat putranya berada di unit perawatan intensif neonatal (NICU)